LP3M  merupakan lembaga Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, merupakan salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi. Didirikan pada tanggal 5 September 1963 oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Tenggara; memiliki visi menjadi Real University dengan wacana membangun keilmuan dan keislaman, yaitu universitas yang betul-betul membentuk masyarakat ilmiah (scientific community) dengan intensitas kegiatan pengajaran, riset dan pengabdian pada masyarakat yang tinggi serta tak kenal henti. Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar berdiri sejak tahun 1983, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unismuh Makassar Nomor: 1952/05/IIA.4-VIII/II/1983, tertanggal 01 Januari 1983 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unismuh Makassar.
Merajuk pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka penelitian dan pengabdian pada Masyarakat merupakan bagian yang sangat strategis perannya di era kompetisi tinggi (hyper-competitive) ini. Perguruan Tinggi sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, harus mampu mengembangkan atmosfir akademik berbasis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Seluruh komponen Unismuh Makassar, baik mahasiswa maupun dosen harus terlibat kegiatan LP3M.
Dalam konteks ini, LP3M merupakan unit yang bertugas mengelola seluruh kegiatan penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat agar pelaksanaan dan keluaran kegiatannya dapat dilihat sebagai tampilan visi universitas. Selain itu, karena kegiatan penelitian, pengembangan dan pengabdian pada dasarnya merupakan tanggung jawab dari banyak komponen lain dari universitas dan masing-masing komponen berwenang terhadap pelaksanaan penelitian, pengembangan dan pengabdian secara utuh.
LP3M mengemban misi ganda, yaitu misi akademik dan dakwah. Karena itu, berbagai kiprah, dinamika program serta kegiatannya konsisten dengan pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan. Untuk mewujudkannya, perlu dilakukan berbagai upaya untuk merespon melalui suatu kinerja lembaga, sehingga meningkatkan kepercayaan dan aspirasi masyarakat, khususnya fihak pengguna jasa LP3M.

penulisan_jurnal

[info_box]

  • list item 1
  • list item 2

[/info_box]

Empty tab. Edit page to add content here.
Empty tab. Edit page to add content here.

Leave a Reply